Senin, 17 November 2014

Gw dan Tokyo #Part 2 (HELLO-HI TOKYO!!)

07 November 2014

Ohayo gozaimasu Japan!!
Pagi ini kami sarapan bareng di hotel..

Dan langsung bersiap untuk nemuin Jim dan Mas Dede di depan hotel edoya..

Setelah semua ngumpul, kami langsung jalan ke salah shrine di dekat edoya hotel.. Shrine ini cukup terkenal, banyak banget siswa yang dateng kemari.. Katanya sih karena minta lulus dan berdoa disini..

Ibadah mereka cukup unik.. Tapi gw sendiri gak berani tulis untuk menceritakan, karena takut salah menggambarkannya dalam kata-kata.. Kami keliling sambil ditemanin penjelasan dari Jim-san dan Mas Dede.. Ada 1 hal yang cukup menarik yang dijelasin oleh Mas Dede, yaitu kebanyakan orang Jepang terlahir sebagai Shinto, menikah sebagai Christian, dan meninggal sebagai buddhist.. Mereka hanya mengambil besar yang baik-baik saja dari suatu agama.. Sugoi Ne... Gak pernah kepikiran sama gw sebelumnya..


Kemudian kami mampir sebentar ke kantor alam aksara, dan membicarakan mengenai semua schedule selama di Tokyo.. Mas dede dan Jim berhasil membuat semuanya clear dan menjawab semua pertanyaan yang bakal dilontarkan selanjutnya.. Kami benar-benar dipersiapkan sedemikian rupa, termasuk PLAN B, PLAN C, dan semua hal yang harus dilakukan kalau semuanya gak sesuai rencana.. MAKASIH BANYAK JIM-SAN & DEDE-SAN..
J

Selesai dari situ, kami semua melesat ke stasiun ochanomizu.. Salah 1 rencana hari ini adalah mengenalkan tempat-tempat pertemuan kami selanjutnya.. Yap.. Jalan-jalan antar stasiun yang bakal jadi tempat pertemuan.. Supaya di pertemuan besok-besoknya kami gak salah tempat.. hahahaha..

Oh iya, siang itu kami juga diajak untuk melihat Imperial Palace.. Disini saya ngeliat Mas Dede dan Jim bener-bener berhasil jadi tour guide yang baik.. Mereka menceritakan banyak sekali detail dan sejarah di balik bangunan-bangunan yang kami temui.. Untuk bisa tahu dan hapal sebanyak itu, gw benar-benar kagum..

Pulang dari situ, Mas Dede punya another surprise untuk kami, Welcome Party  di apartemen Mas Dede bareng kakak-kakak dari ICJ.. Indonesian Community in Japan (bener gak nih kepanjangannya??)

Satu set Sushi jadi menu makan malam kami waktu itu. Katanya supaya terbiasa dengan makanan Jepang.. Padahal ada sih disiapin yang lain, ada gado-gado dan sate di meja satunya.. I can’t stand Japan Sushi.. I prefer gado-gado.. Jadi, waktu para peserta lain pada dengerin petuah dari kakak-kakak di ICJ, gw diem-diem kabur dan ngambil gado-gado + sate di belakang.. hahahaha...

Kakak-kakak dari ICJ malam itu berbagi cerita gimana mereka bisa sampai ke Jepang, bisa Stay di Jepang, dan bisa berbaur dengan orang Jepang.. Banyak banget tantangan yang mereka hadapi, tapi salah satu yang paling penting dari kata-kata mereka adalah “jangan kehilangan identitas”.. Artinya, mereka memang di Jepang, hidup di tengah-tengah orang Jepang, beradaptasi agar bisa berbaur dengan orang-orang Jepang, tapi mereka tetap orang Indonesia.. “Badan sih boleh dimana aja, tapi yang penting di kepala kita tetap mikirin terus, apa yang bisa kita lakukan untuk bangsa kita” kata Kak Rino, salah satu profesor di ITB yang sedang riset di Tokyo Daigaku..

“Yang penting, di sini jangan prejudice, dan jangan sekali-kali berstreotype.. Itu bakal menghalangin kalian untuk belajar lebih banyak.. empty your cup and drink in as much as you can.. Jangan ngerasa pintar, dan jangan cepat puas, dunia ini masih sangat luas.” Tambah Kak David yang awalnya saya kira orang Jepang asli (mukanya mirip orang jepun sih)..

Malam itu kami menunjukkan perform yang akan kami tampilkan juga di trade fair enterprise di Kyoto.. Tapi... It’s Terrible.. L Main gitarnya gak bener, suara yang nyanyi kurang kedengeran, banyak banget pokoknya kurangnya.. Entah gw dan temen-temen masih pada malu, atau mungkin masih pada capek dan jet lag juga (caila alasannya) yang jelas penampilan kami malam itu justru malu-maluin Mas Dede..

Tari juga perform, dia stand up comedy.. hahahaha.. Good job Mbak Tari.. Malam itu Kak David juga perform sulap kecepatan tangannya yang bikin kita semua tercengang.. “Hobby aja sih, tapi kalau bisa ngasilin duit kenapa enggak?” kata Kak David yang ternyata udah sering perform di perusahaan-perusahaan dan acara-acara di Jepang.. Orang Indonesia perform di perusahaan dan acara orang Jepang?? SUGOI DESU NE!!!

Setelah ber-haha-hihi sampai jam 11, para tamu mulai pada pulang.. Dan kelihatan Jim yang juga sudah agak khawatir kalau kami akan kemalaman ngasih “kode” ke Mas Dede..

Akhirnya kami pulang dengan diantar ke Hotel Edoya, tempat yang sama dengan tempat semalam.. J


Mandi?? Jangan ditanya deh, pada capek banget.. jadi kami memutuskan mandinya besok aja.. *bilang aja kalian emang jorok.. wkwkwkwkwk..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar