Senin, 08 Desember 2014

Gw dan Sticky Notes 8 Desember

08 Desember 2014

Hi dad, how’s life there? It’s been a while since our last time chit-chat. I hate to tell you that I miss you so much right now. Dad, are you still watching me? Do you know that I just got back from Japan? Are you proud of me? Dad, can you say something please? Please tell me, that you’re in a better place now. Dad.... Please say something.... Dad......


1994-something

Tahun 1994, gw gak tau pasti tanggal berapa, waktu itu umur gw sekitar 2,5 tahun. Kami sekeluarga baru pulang dari salah satu tempat saudara di Sumatera Utara kalau gak salah nama daerahnya Asahan, Batubara. Papa nyetir mobil, katanya sih beliau kecapean karena sekitar 2 hari gak sempat istirahat karena nyetir terus dan bolak-balik sana-sini.

To make story short, di tengah perjalanan (di simpang ulim) we got an accident. I dont know how, tapi gw masih ada sampai hari ini gak lepas dari jasa mama gw. Gw yang waktu itu dipangku beliau, ditutupi pake tangannya beliau sampe-sampe tangan beliau itu ada lebih dari 50 jahitan karena kena pecahan kaca.

Gw? Gw gak tau cerita ini bener atau enggak, tapi dibilang waktu itu tulang selangka sebelah kiri gw patah, dan di kepala kiri gw ada puluhan jahitan juga.

Memory kecil gw berawal sejak gw bangun di rumah sakit setelah gak tau berapa hari gw terkapar sebelumnya. Begitu bangun, gw langsung nyentak, dan kemudian duduk.

Karena asing dengan semua yang ada di sekitar gw, waktu itu gw langsung teriak, “PA!! PULANG YOK!! PULANG YOK PA!! PAPA.... PULANG PA.. ADEK TAKUT...”

Gw gak tau apa alesannya gw teriak papa waktu itu dan bukan mama.


My Hero, My Best Friend, My #1 Fans, My Role Model, My Everything

Papa gw adalah orang yang cukup kreatif dan serba bisa. Mulai dari hal yang penting sampe hal yang gak penting. Hahaha. Mulai dari bikin nasi goreng yang super yummy, sampe bangun rumah pun beliau bisa. Yap! Literally bangun rumah beliau bisa. Karena beliau paham instalasi air, instalasi listrik, bikin campuran semen, ngegambar rancangan dan segala hal yang dibutuhkan untuk membangun sebuah rumah. Yang akhirnya bikin secara subjektif gw bisa bilang, He is the best papa in the world.

Sejak gw kecil gak gampang bagi gw untuk ngedapetin semua yang gw mau. Orang tua gw selalu mengajarkan gw untuk nabung, untuk berusaha, tanpa selalu minta-minta ke mereka. Meskipun begitu, tetap aja gw ngerasa beruntung karena masa kecil gw tetep ditemenin oleh berbagai macam game console kayak SPICA, Super Nintendo, dan Playstation yang dikasih setelah gw dan abang gw merengek minta dibeliin berhari-hari.

Sampai akhirnya masa kecil gw sampe ke tahap “MUSIM LAYANGAN”.

Di saat anak-anak lain lomba-lomba mamerin layangan mereka yang dibeliin sama orang tuanya, gw dan abang gw selalu bisa lebih bangga lagi, soalnya semua layangan kita originally hand made by papa. Hahaha.

Papa gw bisa bikin banyak banget jenis layangan, mulai dari layangan biasa, layangan sendareng, dan master piece beliau yang paling wah adalah layangan pesawat terbang. Gw yang waktu itu masih SD kelas 2 pun diajarin cara bikin layangan cumi-cumi. Hahaha, untuk tulang layangannya gw pake sapu lidi dan untuk ganti kertas minyaknya gw pake plastik kresek. Wkwkwkwk. Dan anehnya itu bisa terbang layaknya layangan sesungguhnya. xD

------------------------------------------------------------------------------------------

Papa gak pernah maksa gw untuk menyukai sesuatu. Gw suka basket, beliau dukung. Gw suka musik, beliau dukung. Gw suka fisika, beliau dukung. Gw suka Bahasa Inggris, beliau dukung. Gw suka Bahasa Jepang, beliau dukung. Bahkan ketika gw bingung harus memprioritaskan antara les Bahasa Jepang atau les Bahasa Inggris beliau cuma bilang, bahwa beliau dukung.

Pernah suatu hari papa gw nanya, kenapa gw gak pernah mau ditontonin kalau main bola? atau sebaliknya kenapa kalau papa gw nonton kami main bola, gw langsung berhenti? Jawabannya sederhana, gw gak jago main bola, dan gw malu kalau papa gw harus sampe ngeliat itu. Intinya, waktu itu papa tau gw suka main bola, tapi gak tau kalau gw gak bisa main bola.

Gw inget, waktu itu Hari Rabu, hari pelajaran olahraga buat kelas 4-B which means kelas gw. Gw seneng banget, karena beberapa hari sebelumnya gw baru dibeliin baju bola Brazil warna biru. Paling nge-“jreng” lah gw di hari itu.

As usual, pelajaran olahraga ya bebas. Boleh milih mau badminton, main bola, atau sekedar ke kantin, nungguin jam pelajaran olahraga selesai. Gw dengan suka cita memilih main bola dong, baju baru gitu loh.

Kami rombongan ke gudang, ngambil bola kaki, terus berhamburan ke lapangan sepak bola SD gw waktu itu. Cuaca cerah berawan mendukung banget lah buat kami yang main bola.

Namanya juga anak SD, kami main bolanya nyeker, tiang gawangnya dari sepatu atau batu yang ditumpuk beberapa sebagai batas kanan dan kirinya. Batas atasnya? Wallahu ‘alam wishawab deh. Tiap kali ada yang nge-gol-in di atas jangkauan kiper selalu diputuskan lewat debat dan gak jarang ditentukan dengan suit.

5 menit, 10 menit, 15 menit, entahlah kami gak tau berapa lama kami udah main daritadi. Sampe akhiirnya gw nyetak gol buat tim gw (iya, itu hal yang sangat jarang terjadi, hahahaha). Tiba-tiba papa gw dari pinggir lapangan teriak kenceng banget, “GOOOOOLLL!!!.”

“What?? Papa gw disini? Sejak kapan? Kok gw gak tau?” Banyak banget pertanyaan yang tiba-tiba muncul di kepala gw.

Ternyata memang hari itu papa datang ke sekolah gw karena mau liat gw main bola, dan Alhamdulillahnya gw cetak gol di hari itu.

What happen next? Ya, you know lah gw langsung berhenti main dengan alasan gw udah capek banget. Padahal malu + takut ketahuan kalau sebenarnya gw gak bisa main bola. Hahahaha..

Setelah kejadian di hari itu, gw selalu perhatiin sekitar dan was-was kalau main bola di SD, karena takut barangkali kali ini papa bakal bawa mama buat nonton gw main bola. Who knows?

------------------------------------------------------------------------------------------

Salah dua indikator jadi papa yang baik menurut gw yaitu: 1. Anak laki-lakinya kalau sudah besar ingin mengikuti jejaknya, atau 2. Anak perempuannya kalau sudah dewasa ingin menikahi laki-laki seperti ayahnya.

Dari kecil gw mengidap yang namanya “father complex”, suatu situasi dimana gw lebih seneng bareng papa daripada bareng mama. Semua hal yang gw kerjain gak lain mencontoh daripada apa yang sudah beliau lakukan. Gw selalu berpikir bahwa gw yang sudah dibesarkan oleh seorang yang sehebat ini, artinya gw harus lebih hebat dan lebih baik daripada beliau.

Beliau selalu berhasil menjadi standard yang sulit untuk gw jangkau. Tapi disitu menariknya. Dengan menjadikan beliau sebagai panutan dan role model dalam hidup gw, gw ngerasa seperti selalu ditantang untuk melakukan semuanya dengan sebaik-baiknya. Karena hal itu yang selalu beliau tunjukkan ke gw semasa beliau masih hidup dulu.

Bisa gw bilang, papa adalah orang yang paling tau seberapa besar keinginan gw untuk belajar di luar negeri. Papa adalah orang yang paling ngerti seberapa cinta gw dengan Jepang dan segala kebudayaannya. Dan papa adalah orang yang paling ngedukung untuk apapun yang gw lakuin.

10 hari yang lalu gw pulang dari Jepang, salah satu mimpi gw tercapai. Seneng? PASTI! Banyak belajar? JELAS! Bakal balik kesana? I Promise myself to come back there.

Tapi ............. I wish I can share my feeling with papa right now. Gw berharap bisa cerita semua pengalaman gw ke beliau. Gw berharap beliau tau gw ngapain aja selama disana. Gw berharap beliau bisa jadi orang pertama yang ngedengerin kebodohan-kebodohan dan segala hal norak yang anaknya ini lakuin di negeri orang. Gw berharap beliau bisa puk-puk kepala gw lagi sambil ngasih nasihat seperti biasanya. Gw berharap beliau orang yang pertama kali gw telpon dan maybe gw bisa denger “Son, I’m Proud of you.”

1 tahun pa. 1 tahun yang lalu papa pergi. Adek gak sedih waktu itu, justru adek lebih kasian karena papa waktu itu sedang sakit.

Tapi gak tau kenapa, justru sekarang adek sedih. Adek kayak ngerasa gak hanya kehilangan seorang sosok papa. Adek ngerasa seperti kehilangan sebagian motivasi adek. Karena apapun yang adek lakuin sekarang, udah gak ada lagi orang yang jadi tempat utama untuk adek pamer sekaligus berharap dipuji pada waktu yang bersamaan. Semua orang bisa aja bilang, “Sabar”, “Doa’in aja Beliau”, dan lain sebagainya.

Tapi hari ini adek bener-bener berharap satu pesan adek ini disampaikan oleh Yang Maha Kuasa dan bisa papa terima dengan baik di sana. “Papa, adek kangen.”



Some Memories
Love You Forever Papa~~

Wisuda gw tahun lalu                               

Main ke Kawah Putih habis dari wisuda
                           










My favorite photo.. hahahaha.. xD                            











Cukur rambut cucu ke-4


2 komentar: