Selasa, 30 April 2013

Gw dan Minggu, 14 April 2013


14 April..
Setiap kali ngelewatin tanggal ini, gw sadar.. gimana manjanya gw dulu ke mama gw.. Selama 18 tahun gw ada di rumah (lhokseumawe), sebelum gw pergi jauh dari rumah itu.. Tanggal ini selalu gw lewatin dengan acara baik kecil maupun besar yang dibuat ama mama karena permintaan dari anak bungsunya yang satu ini..

Mama selalu berusaha buat nyenengin gw.. Entah gw mintanya ampe nangis-nangis atau cuma mancing-mancing doang dengan kata-kata, “Ma, tahun ini undang temen-temen lagi kan?” Beliau selalu punya alesan yang beliau sampein ke papa setiap tahunnya untuk ngerayain ulang tahun gw..

Dan voila, begitu gw nyampe rumah entah berapa kali gw dikagetin ama pesta surprise dadakan yang mama buat.. haha.. J


18 tahun.. 19 kali..
Hehe.. 18 tahun gw ada di rumah.. 19 kali mama buat acara khusus buat gw.. mulai dari gw lahir, sampe ulang tahun yang ngundang semua temen-temen sekolah + temen-temen maen gw di sekitar situ.. Mama memang the best lah buat gw.. Cuma gw loh yang ulang tahunnya dirayain sebanyak ini.. Kakak – kakak dan abang gw paling cuma beberapa kali doang.. Tapi gw, tiap tahun (setidaknya selama gw masih di rumah itu).. J


14 April 2002..
Salah satu ulang tahun terbaik gw.. Karena ulang tahun gw kali ini tepat dengan Hari Minggu.. Lebih dari biasanya.. Ulang tahun kali ini disiapin mama jauh-jauh hari dari sebelumnya.. Bahkan mama sampe bela-belain nanyain ke temen-temen main gw, supaya semua temen gw saat itu diundang.. ntah itu yang sebaya, yang umurnya di bawah gw, ataupun abang-abang & kakak-kakak yang udah SMP waktu itu di sekitar rumah gw.. bahkan kakak sampe ngajakin temen satu genknya buat dateng, dan gw inget mereka ngasih hadiah waktu itu poster Winnie The Pooh.. *iya, waktu itu hobi gw ngumpulin benda apapun yang ada hubungannya dengan Winnie The Pooh.. *wkwkwkwk..


14 April 2003
Ulang tahun kali ini jauh lebih sederhana daripada tahun sebelumnya.. tanggalnya juga meleset seperti biasa.. Soalnya mama lebih prefer buat ulang tahun gw itu di hari minggu.. jadi ulang tahun gw yang harusnya 14 april di Hari Senin, malah bergeser 6 hari ke 20 April..

Tapi disini gw belajar satu hal.. Bahwa tanggal 14 April ini selalu bergeser 1 hari setiap tahunnya kecuali pada tahun kabisat, khusus tahun kelipatan EMPAT ini, bergesernya 2 hari.. Contoh : di tahun 2002, 14 April itu Hari Minggu. Di tahun 2003, 14 April itu Hari Senin, dan di tahun 2004, 14 April itu Hari Rabu.. ~~

Pikiran anak SD.. Begitu tau cara ngitung tanggal ini, gw dengan hati-hati ngitung kapan ulang tahun gw bakalan jatuh lagi di hari minggu.. Berharap bakalan dapet kejutan sebesar tahun kemarin.. Ya.. Setidaknya itu yang ada dalam pikiran gw saat itu..

14 April 2013.. Gw catat tanggal ini di buku notes PR gw waktu SD, gw taruh di sebelah bantal gw, gw berusaha tidur sambil ngebayangin ulang tahun gw di 2013 bakal jadi seperti apa..


14 April 2007!!!
Ulang tahun gw akhirnya jatuh di Hari Sabtu.. Yeyyyy... xD
Ups.. Tahun tahun depan tahun kabisat ding.. artinya tahun depan 14 April jatuhnya Hari Senin.. Gw sama sekali gak tau dimana letak buku notes PR SD gw yang dulu.. ntahlah.. Tahun-tahun ini terlalu cepat berlalu.. Tapi mama gw tetap dengan acara ulang tahunnya buat gw di hari Minggu 15 April 2007 itu, tanpa sedikitpun tau, seberapa besar gw berharap,  14 April itu jatuh di Hari Minggu..

Ulang tahun kali ini lebih sepi dari biasanya.. UN anak SMP yang waktu itu dilaksanain dari tanggal 9 April membuat sebagian besar temen-temen gw begitu selesai UN langsung pada liburan dan berangkat hari jum’at dan sabtu itu ke luar kota bareng keluarga masing-masing.. otomatis, gak bnyak yang datang di hari minggu itu.. Tapi, setidaknya disini gw belajar, yang paling gw butuhin bukan kehadiran temen-temen gw pas gw ulang tahun, tapi ngerayain ini semua bareng keluarga gw jauh lebih penting.. waktu itu abang gw udah kuliah di Bandung, kakak-kakak gw udah pada di Banda Aceh, dan papa lagi training ke Jakarta - Jogja..
sepi.. itu yang paling gw rasain pada waktu acara ulang tahun gw yang ke-15 itu..

Alhamdulillah, mama tetep yang paling bisa ngertiin gw.. gak lama setelah gw ulang tahun, kami berdua nyusul papa yang lagi training di Jakarta..


14 April 2009
17 tahun.. Gw kira ini udah jadi umur yang gak pantes lagi buat seorang remaja cowok untuk ngerayain ulang tahunnya..

Tapi ternyata di mata mama, gw tetep anak paling bontot, anak kesayangan, anak terakhir, dan anak paling kecil.. gw inget waktu itu mama ngejelasin ke gw, bahwa gw tetap akan selalu jadi “adek” di keluarga kami.. Ya, panggilan gw sampe sekarang ya tetep “adek” kalau gw balik ke rumah.. gak peduli udah berapa umur gw.. Jadi, gak ada alasan lagi untuk enggak ngadain ulang tahun gw ke-17 ini..

Bedanya, ulang tahun yang biasa dilaksanain sore-sore, kali ini mama buat beda.. Ulang tahun gw kali ini dilaksanain justru malem.. Mama cukup fleksibel ketika ngebuat ulang tahun gw.. Mungkin yang mungkin dibayangin orang-orang, di acara ulang tahun diisi dengan segala nyanyian dan kue-kue serta adegan tiup lilin.. Tapi, lagi-lagi mama cukup ngertiin gw, mama ngerti bahwa anaknya ini bakalan gak mau kalau acara ulang tahunnya bakalan seperti itu.. jadi acara ulang tahun kali ini dibuat lebih ke acara makan-makan doang.. semua orang boleh dateng.. bawa kado ataupun enggak, temen sekelas ataupun bukan, tetangga, dan beberapa anaknya temen mama dateng di acara ini..

Acara berlangsung cukup meriah, karena semua makanan disediain mama dan diletakkin secara prasmanan.. Jadi semua yang dateng ya terserah mau mondar-mandir berapa kali ngambil makanan juga gpp, secara mama memang nyediain banyak banget makanan.. temen-temen gw yang dateng pada asik ngobrol sampe akhirnya tamu terakhir (temen mama dan anaknya) pulang dengan senyum sambil ngucapin selamat ulang tahun dan semua semoga-semoganya entah untuk ke berapa kalinya buat gw, sekitar jam setengah 12 malem..
~~you are the best mom~~


12-13-14 April 2010
Di awal minggu ulang tahun gw ini (Senin 12 April), dengan yakinnya gw bilang tahun ini ulang tahun gw gak usah dirayain.. gw baru sadar, ulang tahun yang sebelumnya setelah gw pikir-pikir terlalu banyak ngabisin duit.. Mama berusaha ngeyakinin gw bahwa itu  bukanlah urusan dan masalah gw.. tapi gw udah milih, bahwa ulang tahun kali ini gak usah dirayain.. baik tanggal 14 April itu sendiri, ataupun hari minggu di minggu itu..

13 April mama ngambek.. mama marah karena gw bilang gw gak ngundang siapapun.. Supaya ulang tahun gw gak dirayain.. alhasil?? Gw dicuekin sejak makan malam.. =___=”

Entah kenapa, anak remaja cowok itu kurang bisa untuk nunjukin sayangnya ke ibunya.. jadi waktu itu gw gak ngebujuk mama supaya jangan marah.. Gw malah ikut-ikutan ngambek, padahal sebenernya gw nyesel udah gak ngedengerin mama yang waktu itu udah nyuruh gw buat ngundang temen-temen.. gw ngerasa bersalah..

Paginya kayak biasa gw bangun, mandi, dan bersiap ke sekolah.. gw ngeliat susu sama roti bantal di atas meja makan udah disediain, tapi gak ada mama yang biasa nemenin gw sarapan sambil ngajakin ngobrol.. gw cek ke kamar, mama gw gak ada, papa gw kerja masuk pagi.. ya dalam pikiran gw waktu itu mama mungkin lagi ke pajak (*red = pasar) sama salah satu tetangga.. jadi selesai sarapan, gw berangkat, tanpa pamitan ke siapapun.. soalnya kk gw waktu itu dua-duanya masih tidur dengan anaknya masing-masing..

SMA kelas 3.. setiap siang sejak jam 2 kami ada bimbel yang memang disediain dari yayasan untuk ngadepin UN dan SNMPTN.. Banyak yang ngucapin selamat ulang tahun waktu itu dan nanya-nanya kenapa gw gak rayain kayak biasanya.. Gw cuma bisa jawab sambil senyum dan palingan berusaha ngalihin topik pembicaraan..

Pulang sekolah jam 5.15.. Gw nonton kartun kayak biasa.. Rumah jauh lebih hening daripada biasanya.. Gw pikir, ntahlah mungkin cuma perasaan gw aja.. gw mandi, terus istirahat di kamar bentar sambil nungguin maghrib..

Selesai sholat maghrib gw keluar kamar, niatnya mau nonton ke ruang keluarga.. Ternyata mama tetep nyiapin acara ulang tahun buat gw.. Mama udah masak tekwan, udah beli kue, dan mama memang udah nyuruh semua buat nyuekin gw di hari itu.. Fine.. Mama berhasil ngasih surprise lagi di tahun ini buat gw.. Walaupun cuma bareng keluarga, setidaknya ulang tahun ke-18 ini cukup berkesan lah buat gw..

Tapi di akhir 14 April 2010 ini, gw jadi mikir.. Bakal seperti apa ya ulang tahun gw kalau jauh dari mama??


14 April 2011
Gw lagi dalam kepanitiaan salah satu acara kampus terbesar jurusan/spesialisasi gw waktu itu.. dan 14 April ini adalah salah satu tanggal rundown dari rangkaian acara kepanitiaan tersebut..

Gw gak berharap banyak.. Yah.. Gw lagi di tanah orang gini, gimana ceritanya mau ngerayain ulang tahun?? Sama sekali gak terpikir untuk ngadain apa-apalah disini..

Mama seperti biasa selalu jadi salah satu yang paling pertama di hari itu.. Beliau bela-belain nelpon gw sekitar jam 1 malam.. Mama nanya, “Ada dirayain??” Pertanyaan yang cukup bikin nyesek saat itu.. Karena gw tau, kalau gw deket mama, pasti dirayain.. J


30 April 2013
Gw baru sadar, ini hari terakhir di bulan ini.. Gw baru sadar, di tahun 2013 ini lah gw ulang tahun lagi di hari minggu.. Gw baru sadar, tahun ini yang dulu gw catat di notes PR SD gw dulu.. Gw baru sadar, tanggal yang gw tunggu-tunggu udah lewat.. Padahal, Dari umur 11 tahun gw nunggu ulang tahun gw bakalan jatuh di hari minggu lagi..

Setidaknya.. Tahun ini masih ada 4 orang yang ingat ulang tahun gw dan ngucapin di 14 April.. Dan 2 orang yang ingat ulang tahun gw tapi ngucapin setelah lewat tanggal itu.. Tahun ini mama bahkan berinisiatif untuk ngasih kado kecepetan ke gw, soalnya kemarin gw sempet balik ke rumah lhokseumawe, dan mama ngasih kado di tanggal EMPAT April.. Besoknya, gw berangkat ke Banda Aceh.. Dan Kak Irma ngasih kado di tanggal 7 Aprilnya, soalnya gw harus balik ke Jakarta di tanggal itu.. ^-^


Bukan berapa kali ulang tahun gw dirayain sih sebenernya yang jadi perhatian utama gw di catatan ini.. Tapi ternyata ulang tahun di Hari Minggu pun bisa jadi hari biasa kalau gw gak lagi bareng seseorang yang luar biasa buat gw..

© My mom~~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar