Senin, 28 Januari 2013

Gw dan Random #1 (Masalah)

Assalamu'alaikum dan selamat siang/sore buat semua pembaca sekalian.. :)
terima kasih banyak untuk yang udah nyempetin waktunya disini..
^-^

sebenarnya gw sedang dalam kondisi yang gak cukup bagus untuk menulis, dikarenakan satu dan lain hal..
tapi berhubung gw yakin para pambaca setia blog ini *emang ada?? udah cukup lama nungguin apdetan dari gw, dan gw juga udah niat nulis seperti ini dari postingan pertama, jadi malam ini gw coba nyicil tulisan ini deh..

di postingan pertama gw, gw ingat banget pernah nulis seperti ini:
"My blog, My rules"
dari blog ini gw berharap ntar gw bisa posting hal-hal yang ngasi
manfaat ke banyak orang. gw bakal ngisi blog ini dengan cerita hidup gw,
dengan pengalaman gw, dengan cerpen-cerpen gw (yang gak tau kapan selesainya),
yah.. intinya dengan semua catatan kecil yang berserakan di sepanjang perjalanan hidup gw."
ya, gw inget gw harus ngisi blog ini dengan sesuatu yang bermanfaat..
gw punya jalan cerita hidup yang gak sama dengan orang lain dan gw rasa penting untuk gw catat..
maaf kalau postingan kali ini rada "serius.. tanpa ada maksud untuk menggurui, langsung aja cek this out..

semua yang ngebaca postingan ini pasti pernah punya masalah kan?? bahkan mungkin yang lagi baca postingan ini ada yang mau datengin ke depan muka gw sambil bilang "MENURUT NGANA?"
hehe..
semua dari kita pernah punya masalah.. sebagian besar dari kita sedang berada dalam masalah.. tapi ya itu balik lagi ke kita semua mau nyelesain hal tersebut, atau nambah masalah dengan cara mempermasalahkan masalah tersebut sehingga menjadi masalah yang lebih besar..

gw sendiri udah beberapa bulan terakhir juga sedang dalam masalah.. masalah yang gw rasa gak mungkin buat gak gw pikirin sedetik pun.. tapi bukan masalah gw yang mau gw umbar ceritain disini.. gw mau berbagi sesuatu yang lebih penting disini..
yaitu, me-"manage" masalah..

gw suka banget dengan sebuah cerita filosofi tentang memanage masalah yang gw simpan dengan rapi di salah satu sticky notes pribadi gw.. masalahnya gw lupa nyimpen di folder yang mana.. jadi sekarang gw ceritain kurang lebih dengan bahasa gw sendiri :

-------------Berdamai Dengan Masalah-------------


Di suatu siang seorang professor memasuki kelasnya dan tanpa mengucapkan apapun, beliau menuangkan air ke dalam sebuah gelas, lalu bertanya kepada mahasiswanya yang tengah keherananan,

"Berapa kira-kira berat gelas ini?"

"Dua ons! Tiga ons!" para mahasiswa mencoba menjawab bersahutan..

"Entahlah, saya merasa hal itu tidak begitu penting. yang penting, kalian yakin gelas ini cukup ringan bukan?" tanya sang professor lagi..

"Tentu!" jawab mahasiswanya serentak..

Professor mulai membuka mulut lagi untuk bertanya, "Pertanyaan saya selanjutnya, apa yang yang terjadi jika saya mengangkat gelas ini selama semenit?"

"Tidak akan tejadi apa-apa." jawab para mahasiswa dengan muka sedikit heran sambil menduga-duga maksud dari pertanyaan professor tersebut..

"Okay, apa yang terjadi jika saya mengangkatnya selama satu jam penuh? :)" tanya professor sembari memasang senyum tipis di wajahnya..

"Mmm.. Tangan bapak akan terasa letih dan pegal." jawab mahasiswanya..

Senyum professor bertambah lebar dan mengajukan pertanyaan selanjutnya, "Bagaimana jika saya mengangkatnya seharian penuh?"

"Tangan bapak tentu akan sakit bahkan mungkin bisa melukai otot-ototnya dan bisa mengakibatkan bapak mendapat perawatan di rumah sakit tentunya." jawab salah satu mahasiswa dan disambut tawa seluruh temannya yang lain karena menganggap pertanyaan dan jawaban itu sama konyolnya..

"That's it!" jawab professor.. "Tapi apakah kesakitan saya bertambah karena berat gelas tersebut bertambah?" lanjut professor..

"Tidak," jawab mahasiswa tadi. "Itu karena otot-otot di lengan bapak menerima tegangan terlalu lama"

Professor kembali bertanya, "Lantas apa yang harus saya lakukan?"

Seisi kelas terdiam. Tiba-tiba terdengar teriakan dari mahasiswa yang duduk di paling belakang kelas, "Letakkan saja gelasnya ke meja di depan bapak!"

"Exactly! Tepat sekali!" jawab sang professor. "Problem dan masalah dalam hidup kita diibaratkan mengangkat gelas ini. Ingatlah kata-kata ini, mengangkatnya lebih lama akan membuatmu merasa pegal. Mengangkat lebih lama lagi dapat membahayakanmu, bahkan mengangkatnya lebih lama lagi, dapat membunuhmu."

"Sangat penting untuk menggunakan otak kita untuk berpikir tentang tantangan-tantangan dalam hidup, tapi akan jauh LEBIH PENTING untuk meletakkannya sejenak setiap mengakhiri hari saat kalian semua beranjak tidur dan tidak membawanya bersama tidurmu. Dengan begitu kalian tidak akan merasa tertekan, kalian bangun di pagi hari dengan rasa segar, kuat dan lebih tegar untuk menghadapi tantangan dan masalah yang akan datang"

~~THE END~~

yah..
tanpa perlu gw jelasin makna cerita di atas, gw yakin kita pasti punya penafsiran sendiri-sendiri lah dalam menghadapi masalah kita.. tapi yang terpenting, jangan lupa untuk beristirahat sejenak ketika menghadapi masalah.. karena istirahat bukan berarti berhenti..

tapi ya selain cerita yang di atas, gw mau ngingatin ke semua pembaca (*termasukgwsendiri), bahwa setiap orang itu pasti punya masalah.. jangan pernah nganggap bahwa diri lo sendiri lah yang punya masalah, sehingga temen-temen lo jadi korban penyiksaan lo yang harus dengerin curhatan lo setiap hari.. ya selanjutnya gw mau ngasih beberapa tips untuk setidaknya merasa nyaman atau bahkan berteman dengan masalah lo.. silahkan di s(k)imak..

#1 Berhenti Ngeluh

kenapa?? karena kadang-kadang dengan mengeluh, lo udah nambah masalah baru.. dengan mengeluh, lo jadi harus mengingat-ingat lagi kenapa masalah itu timbul, kapan masalah itu dateng, dan lain sebagainya.. padahal yang lebih penting kalau lo mau mikir juga, ya mikirin jalan keluar dari masalah itu..

belum lagi nih ya, lo ngeluh ke orang lain tentang seseorang.. ceritanya sih curhat, padahal ngeluh, lebih parahnya lagi bisa sampe ghibah.. beeuuuuh, bukannya jadi kelar, malah nambah runyam.. lo gak cuma ghibah, tapi dengan secara tidak sadar ketika lo mengeluhkan seseorang ke orang lain dengan cara berapi-api *lebay, pas di akhir cerita, lo malah tambah gak seneng dengan orang itu karena sekarang lo punya temen yang berhasil lo yakinin untuk gak suka dengan orang yang sama..

yang gak kalah pentingnya jangan ngeluh di socmed.. hehe.. maaf nih kalau ada yang kesinggung.. tapi gw rasa ngeluh di socmed itu gak guna.. gw sadar gw juga pernah, tapi sekarang gw coba untuk benar-benar berhenti.. kenapa?? karena gw rasa orang gak butuh tau masalah gw apa.. lagian, kalau mereka tau, emang mereka peduli?? INGET NIH PESEN PATRICK!!



pesan gw nih : kalau mau curhat, sama Allah aja, di atas sajadah, gak pake pulsa, tinggal angkat tangan doang, pasti didenger.. lagian selesai curhat juga makin tenang kok.. trust me, it works.. *lo kata iklan??


#2 Bersyukur

kebanyakan dari orang yang membesar-besarkan masalahnya itu biasanya (biasanya loh ya), orang-orang yang kurang pandai bersyukur.. kenapa gw bilang gitu?? karena mereka gak mau bersyukur, bahwa ketika dikasih masalah itu, artinya kita sedang diperhatikan sama Allah.. kita masih dipercaya Allah bahwa kita bisa ngelewatin masalah itu..

dan lagi nih ya, kenapa gw bilang kurang pandai bersyukur.. karena kadang-kadang kita terlalu lama melihat ke atas, kita terlalu sering membandingkan kehidupan kita sama seseorang yang lebih baik kehidupannya.. padahal, gw yakin banget, masih jauh lebih banyak orang dengan kehidupan yang di bawah kita, bahkan nerima masalah yang lebih besar dari kita.. ya, mungkin dengan sedikit mengubah cara pandang serta cara berpikir terhadap suatu masalah yang sedang kita hadapi sekarang, bisa buat kita lebih tenang dalam menghadapi masalah itu..

pesan gw lagi nih : percaya aja, Allah tu gak pernah ngasih cobaan yang lebih berat daripada kemampuan hambanya.. artinya, ketika lo dapet masalah atau cobaan lo pasti bisa ngatasin atau nemuin jalan keluar dari masalah itu.. nah setelah lo kelar dari masalah itu, lo pasti level up gitu.. haha..  semacam ada sesuatu yang baru dalam diri lo yang menjadikan lo lebih baik.. setelah itu?? tenang aja.....  ntar juga bakalan ada masalah lagi yang nyamper kok.. *eh??

#3 Sabar

gw itu selalu ingat satu hal yang menjadikan gw kuat ketika gw menghadapi masalah..
*mulai deh gw senyam-senyum sendiri karena pengen nge-share sesuatu yang berharga banget di hidup gw.. hehe.. xD
ketika gw lagi menghadapi masalah yang bisa bikin gw down dan sebagainya, gw bakalan coba untuk ingat bahwa

yoi.. "InnAllaha ma'ashobirin.." sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang sabar..
wew.. keren banget hadits ini loh.. kenapa?? karena lo cuma butuh bersabar supaya Allah bisa bersama lo.. gimana gak keren?? backing-an lo itu Allah, yang disebutkan bersama lo itu Allah.. pencipta alam semesta.. setiap kali ingat hadits ini, gw ngerasa damai banget.. gw ngerasa gw bener-bener diperhatiin sama Allah.. :3 sampe -sampe dikasi cobaan yang menguji kesabaran gw, dan lagi-lagi menentukan, Allah akan bersama gw atau enggak..

my advice nih *sengaja di-inggrisin biar beda dari yang di atas:


kebaca gak?? hehe..
"La tahzan InnAllaha ma'ana"
jangan bersedih, Allah bersama kita.. ^-^
ada masalah? gpp, ada Allah bareng kita..

hehe.. udah deh, segini dulu postingan kali ini.. mudah-mudahan kita semua dapat manfaat lah dari tulisan singkat ini..
ingat, letakkan dulu masalah kalian sebelum tidur..
gw mau tidur dulu..
:)

nite all..
Assalamu'alaikum..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar